Detail Cantuman Kembali
ENCE ELIS ANGGRAENI - Personal Name

ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI KAIN TENUN SARUNG SAMARINDA (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA “SEJAHTERA PADAIDI” DI KAMPUNG TENUN)


Ence Elis Anggraeni, Analisis Harga Pokok Produksi Kain Tenun Sarung Samarinda(Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama “Sejahtera Padaidi” di Kampung Tenun) di bawah bimbingan Yunus Tete Konde sebagai dosen pembimbing 1 dan Rusliansyah sebagai dosen pembimbing 2. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perhitungan harga pokok produksi sarung tenun kualitas satu dan kualitas dua Kelompok Usaha Bersama “Sejahtera Padaidi”. Untuk menghitung harga pokok produksi dengan metode full costing maka dengan mengalokasikan biaya bersama berdasarkan nilai jual relatif untuk mengalokasi biaya bersama. Hasil penelitian perbedaan harga pokok produksi dengan metode full costing yang dihasilkan dari perhitungan analisis sebesar Rp.18.965.453,00 dan untuk harga pokok produksi yang dihasilkan oleh Kelompok Usaha
Bersama “Sejahtera Padaidi” sebesar Rp.18.629.054,00 adanya perbedaan dari selisih yangditimbulkan, dikarenakan pemilik yang mengatakan biaya penyusutan tidak mempermasalahkan perhitungannya dan padahal biaya penyusutan perlu dihitung. Kemudian biaya overhead pabrik yaitu biaya listrik dengan menghitung atas pemakaian produksi diperoleh sebesar nilai Rp.34.155,00 dengan menghitung persentase biaya listrik yang digunakan untuk produksi dan untuk kehidupan untuk si pemilik. Begitu juga untukmenghitung biaya air dengan mencari persentase pemakaian biaya air yaitu diperoleh Rp.24.169,00. Dampak penelitian ini yaitu penyimpangan dan kelebihan biaya yang dicantumkan untuk harga pokok produksi khususnya biaya overhead pabrik terutama penggunaan biaya dari pemakaian produksi dengan kehidupan pemilik yang seharusnya dipilah, seperti biaya listrik dan air yang dominan pengeluarannya setiap bulan. Dan penyimpangan untuk biaya listrik sebesar Rp.251.189,00 dan biaya air Rp.29.541,00. Begitu pula menjadi pertimbangan untuk pihak pengusaha yang menempatkan usaha dengan gabungan antara untuk produksi dan kehidupan pemilik sehingga penentuan biaya overhead pabrik yang perlu diperhitungkan lagi dan alokasi biaya untuk masing-masing produk.
Kata kunci: Akuntansi Biaya, Metode Full Costing, Metode Nilai jual Relatif


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI KAIN TENUN SARUNG SAMARINDA (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA “SEJAHTERA PADAIDI” DI KAMPUNG TENUN)
Pengarang ENCE ELIS ANGGRAENI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Akuntansi Biaya, Metode Full Costing,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1-AKUNTANSI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua