Detail Cantuman Kembali
LIA MAYASARI KUSUMAH - Personal Name

PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)


Lia Mayasari Kusumah, 2019. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, Dan Investasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Di bawah bimbingan Bapak Iskandar sebagai pembimbing I dan Ibu Yoremia Lestari br. Ginting sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit terhadap manajemen laba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institutional,komisaris independen dan komite audit. Variabel terikat penelitian ini adalah manajemen laba. Sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor perdagangan, jasa daninvestasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif. Sampel dalampenelitian ini sebanyak 96 data observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 23. Hasil analisismenunjukkan bahwa kepemilikan manajerialberpengaruh positif dan signifikanterhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional berpengaruh positif dantidak signifikan terhadap manajemen laba. Komisaris independen berpengaruhpositif signifikan terhadap manajemen laba. Komite audit berpengaruh negatifdan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Dapat disimpulkan bahwakepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komisaris independentidak dapat menjadi mekanisme tata kelola perusahaan yang dapat menekanterjadinya manajemen laba. Sebaliknya, semakin banyak komite audit maka dapat mengurangi tejadinya praktik manajemen laba.
Kata kunci : kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit, manajemen laba.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Pengarang LIA MAYASARI KUSUMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : kepemilikan manajerial, kepemilikan i
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1-AKUNTANSI REGULER
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua