Detail Cantuman Kembali
MOH. IKMALUDDIN AFIFI - Personal Name

STUDI INDIKATOR KESTABILAN LERENG PADA OLD DISPOSAL MATERIAL PIT S22GSB-01 PT. KITADIN EMBALUT SITE, KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG, KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Lereng dengan material disposal merupakan material hasil pemberaian yang dipadatkan dan rentan terjadinya longsoran. Longsoran lereng dapat membahayakan keselamatan para pekerja dan mempengaruhi aktivitas penambangan, oleh karena itu dilakukan studi geoteknik yang difokuskan pada PIT S22GSB-01 PT. Kitadin Embalut Site dengan kondisi lereng pit adalah sebagian terdiri old disposal material.

Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Bishop Simplified dan simulasi Monte Carlo dengan bantuan software Slide 6.0. Dengan batas indikator kestabilan lereng dari Read & Stacey (2009) untuk lereng keseluruhan yaitu Faktor Keamanan (FK) 1,2-1,5 dan Probabilitas Kelongsoran (PK) < 5%. Serta permodelan muka airtanah pada lereng keseluruhan berdasarkan data piezometer.

Berdasarkan analisis desain awal pada 8 section yang terbagi dalam 3 area yaitu A-A’ sampai H-H’ lereng utara, A-A’ sampai E-E’ lereng tenggara dan F-F’ sampai H-H’ lereng barat daya didapatkan kondisi lereng tidak aman dengan nilai PK lebih dari 5%. Dari total 16 lereng analisis, hanya 3 lereng dalam kondisi aman yaitu section A-A’ utara, section H-H’ utara, section B-B’ tenggara. Sehingga diperlukan rekomendasi aman pada lereng tunggal pada material disposal yaitu tinggi 4 meter dan kemiringan 20°.

Setelah dilakukan redesain lereng keseluruhan didapatkan kondisi aman. Pada section A-A’ sampai H-H’ utara yaitu base disposal pada elevasi -10 msl, safety berm 30 meter pada jenjang pertama dengan overall slope 8°. Section A-A’ sampai D-D’ tenggara yaitu base disposal pada elevasi -5 msl, safety berm 30 meter pada jenjang ke-empat dengan overall slope 10°. Section E-E’ tenggara dengan memundurkan bottom pit / offset pit 70 meter ke arah utara. Section F-F’ sampai H-H’ barat daya yaitu base disposal pada elevasi -5 msl, safety berm 30 meter pada jenjang pertama dan ke-empat dengan struktur pemberat / counterberm 20 meter pada jenjang pertama dengan overall slope 8°.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI INDIKATOR KESTABILAN LERENG PADA OLD DISPOSAL MATERIAL PIT S22GSB-01 PT. KITADIN EMBALUT SITE, KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG, KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang MOH. IKMALUDDIN AFIFI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Counterberm, Faktor Keamanan, Metode Bishop Simp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua