PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Anggirda Tiara Azizah. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, di bawah bimbingan Ibu Masitah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Sri Purwati, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Samarinda dengan populasi kelas VII-B dan VII-C. Untuk mengetahui hasil evaluasi belajar siswa diberikan soal pre test diawal pembelajaran dan post test diakhir pembelajaran.
Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas VII-B dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing yaitu sebesar 76,71 sedangkan kelas VII-C yang menggunakan pembelajaran langsung sebesar 58,43. Uji statistik menunjukkan bahwa t hitung (6,00) > t (2,05) maka terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda. Table Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kelas yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing terbukti lebih baik dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran langsung, karena kelas dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata kelas yang menggunakan pembelajaran
langsung.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | ANGGIRDA TIARA AZIZAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | hasil belajar, model pembelajaran Team Assisted In |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY