Detail Cantuman Kembali
ACHMAD TARMEJI - Personal Name

HUBUNGAN BAHAN ORGANIK DENGAN KEBERADAAN FAUNA TANAH PADA UMUR REHABILITASI LAHAN PASCA TAMBANG YANG BERBEDA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status bahan organik tanah, indeks keanekaragaman jenis fauna tanah dan hubungan bahan organik dengan keberadaaan fauna tanah pada umur rehabilitasi lahan pasca tambang yang berbeda.
Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juli sampai dengan Desember 2016 di PT. Kitadin Embalut Site, terhitung dari pengambilan data, pengambilan sampel tanah sampai pelaksanaan analisis tanah di laboratorium Ilmu Tanah dan Laboratorium Ilmu Hama Penyakit dan Tumbuhan Fakultas pertanian Universitas Mulawarman.
Metode penelitian melalui tahapan pengamatan langsung dan deskripsi di lapangan serta analisis di laboratorium. Data pengamatan ditentukan berdasarkan umur rehabilitasi lahan pasca tambang yang berbeda yaitu umur 1 tahun, umur 5 tahun dan umur 10 tahun. Data yang dianalisis di laboratorium adalah data bahan organik tanah yang berfungsi sebagai data yang menghubungkan bahan organik dengan keberadaan fauna tanah pada umur rehabilitasi lahan pasca tambang yang berbeda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa status bahan organik meningkat dari umur 1, 5 dan 10 tahun yaitu 1,22%, 1,79% dan 2,94% sedangkan indeks keanekaragaman fauna tanah dari H’1,54, H’1,89, dan H’2,16. Jumlah fauna tanah meningkat seiring meningkatnya bahan organik tanah. Makin lama umur rehabilitasi, semakin beragam jenis fauna tanah yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa lama umur rehabilitasi, berpengaruh terhadap peningkatan bahan organik tanah, jumlah dan keragaman jenis fauna tanah juga semakin meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN BAHAN ORGANIK DENGAN KEBERADAAN FAUNA TANAH PADA UMUR REHABILITASI LAHAN PASCA TAMBANG YANG BERBEDA
Pengarang ACHMAD TARMEJI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Rehabilitasi, bahan organik, fauna tanah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua