Detail Cantuman Kembali
Dewi Priyanti - Personal Name

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda (Materi Fluida Statis)

ABSTRAK
Dewi Priyanti, 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda (Materi Fluida Statis)

Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific merupakan model pembelajaran yang menghadirkan masalah yang nyata terlebih dahulu kepada siswa sehingga siswa merasa tertantang dan termotivasi untuk mencari sendiri jawaban atas permasalahan tersebut secara individu dan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Shot Case Study. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik angket untuk mengetahui respon siswa terhadap Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific dan teknik tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific dapat dikategorikan baik yaitu sebesar 79,03. Koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,66 dan Fhitung sebesar 26,10 lebih besar dibandingkan koefisien korelasi (rtabel) dan Ftabel yaitu sebesar 0,399 dan 4,13 dengan taraf signifikansi 5% yang artinya model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi sebesar 43,1% yang artinya model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific memberikan pengaruh sebesar 43,1% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda.

Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Pendekatan Scientific

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda (Materi Fluida Statis)
Pengarang Dewi Priyanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua