Detail Cantuman Kembali
APDI APRIANUR - Personal Name

ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN Dr. SOETOMO KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Sebagai kota yang berkembang, Samarinda merupakan salah satu daerah dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup besar. Samarinda juga merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan kendaraan cukup tinggi. Hal ini diprediksi akan mempengaruhi permasalahan transportasi. Keadaan ini dialami oleh Jalan Dr.Soetomo sebagai salah satu jalan di pusat di wilayah Pasar Segiri yang cukup sering terjadi masalah pada ruas jalannya. Analisis dan evaluasi perlu dilakukan agar tercipta efisiensi dan kenyamanan dalam berlalu lintas.
Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas. Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 7 hari (19 -25 Oktober 2015) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan, dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya.
Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jalan Dr. Soetomo dengan metode MKJI 1997, pada tahun 2015 derajat kejenuhan (DS) sudah tidak memenuhi kriteria kelayakan yaitu 1,60. Ruas jalan tersebut masuk kategori tingkat pelayanan jalan kelas F. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Dr. Soetomo memerlukan penanggulangan untuk peningkatan kinerja jalan tersebut. Berdasarkan alternatif pemecahan masalah yang dilakukan, didapatkan bahwa pelebaran jalan dan perbaikan geometrik jalan dapat digunakan dalam upaya menjadikan kelayakan kinerja ruas Jalan Dr. Soetomo , hal ini ditunjukkan dengan penurunan nilai derajat kejenuhan menjadi 1,25. Karena masih belum memenuhi syarat MKJI 1997 DS ≤ 0,75 dengan tingkat pelayanan jalan F, maka harus dibuat alternatif jalan lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN Dr. SOETOMO KOTA SAMARINDA
Pengarang APDI APRIANUR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan J
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua