Detail Cantuman Kembali
Angela Tia Kusuma Putri - Personal Name

PERAN DUTA WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN KEPARIWISATAAN DI KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Duta Wisata Kota Samarinda 2018)


Angela Tia Kusuma Putri 1502095115, Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kepariwisataan di Kota Samarinda (Studi Kasus Duta Wisata Kota Samarinda 2018) yang dibimbing oleh Ibu Dra. Lilis Juliati, M.AP dan Bapak Fareis Althalets, S.Par., MM.
Kepariwisataan merupakan salah satu sektor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan suatu negara. Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup diminati bagi para wisatawan. Salah satunya di Samarinda Kalimantan Timur yang memiliki kondisi wisata beragam berupa wisata alam, wisata buatan maupun wisata budayanya dan layak untuk dikembangkan menjadi kepariwisataan daerah serta dipromosikan kepada masyarakat luas. Promosi pariwisata membantu menarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi, baik kota atau wisata lainnya. Jika kurangnya kegiatan promosi dikhawatirkan akan menyebabkan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan di Kota Samarinda yang nantinya juga akan berdampak buruk bagi pembangunan bahkan perekonomian daerah.
Penelitian ini membahas mengenai Peran Duta Wisata Kota Samarinda dalam teknik promosi pariwisata terhadap objek daya tarik wisata yang ada di Kota Samarinda, dimana Duta Wisata Kota Samarinda merupakan salah satu media promosi pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Fokus penelitian ini ialah Peran Duta Wisata Kota Samarinda berdasarkan teknik promosi yang telah diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda yaitu advertising, personal selling, dan public relation. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Analisis data pada penlitian ini mengacu pada model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dimana data yang di dapat akan di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Duta Wisata Kota Samarinda telah berperan dalam mempromosikan pariwisata Kota Samarinda melalui teknik promosi pariwisata advertising yaitu sebagai Tourism ambassador pariwisata Kota Samarinda di media periklanan seperti televisi, Koran dan billboard. Pada personal selling Duta Wisata sebagai informan yang memberikan penjelasan mengenai daya tarik wisata dan menghasilkan kunjungan wisatawan, serta dalam public relation Duta Wisata sebagai influencer yang memperkenalkan daya tarik Kota Samarinda melalui media sosial instagram.Hal-hal yang menghambat Duta Wisata dalam mempromosikan kepariwisataan Kota Samararinda adalah waktu dan dana untuk merealisasikan promosi sesuai program kerja pribadi. Sedangkan untuk pendukungnya ialah Designer, Dinas Pariwisata Kota Samarinda, dan masyarakat yang ikut ambil bagian dalam kegiatan promosi kepariwisataan yang dilakukan duta wisata.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN DUTA WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN KEPARIWISATAAN DI KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Duta Wisata Kota Samarinda 2018)
Pengarang Angela Tia Kusuma Putri - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran, Duta Wisata, Promosi Pariwisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua