Detail Cantuman Kembali
Mega Saparinah - Personal Name

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL PENGEMBANGAN EKOWISATA HIU PAUS (Rhincodon typus) DI KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU


Mega Saparinah, 2019. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman, Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus)di Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau. Dibimbing oleh Bambang Indratno Gunawan dan Qoriah Saleha.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat dan wisatawan terhadap proyek pengembangan ekowisata Hiu Paus (Rhincodo typus), mengidentifikasi biaya dan manfaat proyek pengembangan ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus), mengkaji kelayakan finansial ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus) berdasarkan kriteria investasi yang meliputi Net Present Value, Internal Rate Of Return, Net BC Ratio dan Payback Period, mengidentifikasi permasalahan utama yang terjadi pada ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus)di Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode pengambilan secara sengaja (purposive sampling) dengan jumlah responden 30 orang. Metodeanalisis data menggunakan metode deskriptif berbasis grafik dan anaslisis kelayakan finansial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat dan wisatawan terhadap pengembangan ekowisata hiupaus (Rhincodon typus) mereka sangat setuju dengan adanya proyek tersebut. Biaya-biaya yang dikeluarkan dan manfaat proyek pembangunan infrastruktur untuk pengembangan ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus) yaitu biaya investasi dan biaya operasional terdiri dari biaya tetap serta biaya tidak tetap, manfaatnya selain dari segi ekonomi bias membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat setempat dan membuat kampong menjadi lebih dikenal oleh wisatawan local maupun asing. Proyek pembangunan infrastruktur untuk pengembangan ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus) dengan criteria investasi Net Present Value Rp.257.559.474, Internal rate of Return 13%, Net Benefit Cost Ratio 1,434 dan Payback Period 3 tahun adalah layak untuk dijalankan. Permasalahan utama yang terjadi pada ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus) di Kecamatan Talisayan adalah akses jalan menuju lokasi ekowisata Hiu Paus (Rhincodon typus) yang kurang baik dan penerangan pada jalan yang kurang maksimal.

Kata kunci : Analisis kelayakan finansial, Pengembangan ekowisata, Hiu Paus (Rhincodon typus).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL PENGEMBANGAN EKOWISATA HIU PAUS (Rhincodon typus) DI KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU
Pengarang Mega Saparinah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis kelayakan finansial, Pengembangan ekowisa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua