Detail Cantuman Kembali
RAHMANIA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS IVA SDN 021 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009


Rahmania. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Kelas IVA SDN 021 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2008/2009. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing: (I) Drs. Abd. Basir, M.Si, (II) Drs. Usfandi Haryaka, M.Pd

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kolaboratif pada pokok bahasan bilangan pecahan.
Penelitian dilaksanakan di SDN 021 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2008/2009 pada 30 Maret 2009 sampai 12 Mei 2009 di semester II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A semester 2 dengan jumlah responden 40 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran kolaboratif.
Instrumen yang digunakan adalah lembar tugas yang terdiri dari lembar tugas siswa dan pekerjaan rumah (PR), tes hasil belajar dan observasi. Instrumen disusun berdasarkan asas asesmen dalam pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yakni tiga kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Lembar Tugas Siswa diberikan setiap pertemuan sebagai sumber dan media pembelajaran, dan diakhir pertemuan diberikan PR. Sedangkan observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dekriptif.
Pada penelitian ini nilai dasar diperoleh dari nilai tes yang dimiliki oleh guru pada materi pokok sebelumya, yaitu 54,13. Berdasarkan analisis data berupa nilai LKS, tugas PR dan nilai tes hasil belajar pada setiap siklus diperoleh hasil sebagai berikut: nilai hasil belajar siklus I yaitu 57,30. Dari nilai dasar 54,13 maka terjadi peningkatan dengan rata-rata point peningkatan 15,5 (cukup). Nilai hasil belajar siklus II yaitu 65, maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata point peningkatan 20,25 (cukup). Dan nilai hasil belajar siklus III yaitu 73,4 maka terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III dengan rata-rata point peningkatan 24 (baik). Untuk Aktifitas guru pada siklus I dan siklus II dinilai cukup, siklus III dinilai baik. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II dinilai cukup, siklus III dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV-A SDN 021 Samarinda Ulu pada pokok bahasan bilangan pecahan tahun pembelajaran 2008/2009.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS IVA SDN 021 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009
Pengarang RAHMANIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua