Detail Cantuman Kembali
FEBRIS SANTHOMAL - Personal Name

HUBUNGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU)DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR


Febris Santhomal. 2008. Hubungan Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum. Skripsi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Program Studi Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Pembimbing : (I) Drs. Adi Wijaya, M.Si, (II) Irwan Gani, SE. M.Si.

Kata Kunci : PAD, DAU dan Pertumbuhan Ekonomi.

PAD Adalah penerimaan yang diperoleh daerah dari sumber-sumber dalam wilayahnya sendiri yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selanjutnya yang disebut DAU adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.
Pertumbuhan Ekonomi Adalah perkembangan kegiatan perekonomian yang menyebabkan produksi barang dan jasa masyarakat bertambah sehingga kemakmuran meningkat.
Latar belakang penelitian ini adalah ketika jumlah DAU yang diterima Kalimantan Timur akan dikurangi bahkan dihilangkan oleh pemerintah pusat mendapat penolakan dari seluruh elemen masyarakat yang menganggap bahwa penghapusan DAU adalah bencana bagi keuangan Kaltim. Yang bararti akan ada pengurangan volume pembangunan di kaltim oleh karena sebagian dana akan dipergunakan untk membayar gaji pegawai daerah.
Kurangnya dana pembangunan berarti akan menghambat pembangunan itu sendiri sehingga upaya pemerintah untuk mensejahtrakan masyarakatpun akan terhambat. Hal ini tentu sangat riskan mengingat jumlah PAD yang diterima sekalipun mangalami peningkatan namun masih sangat kurang.
atas dasar itulah penulis ingin melihat seperti apa hubungan antara PAD dan DAU dengan Pertumbuhan Ekonomi baik secara Simultan maupun secara Parsial. Dengan menggunakan alat analisis korelasi Berganda dan korelasi parsial dan uji signifikansinya menggunakan uji t.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hubungan PAD dan DAU dengan Pertumbuhan Ekonomi secara simultan adalah sangat kuat positif dan signifikan. Sementara Hubungan PAD dan DAU dengan Pertumbuhan Ekonomi secara Parsial adalah kuat negatif dan tidak signifikan.
Dengan demikian hubungan dengan pertumbuhan ekonomi harus dilihat secara simultan untuk memperoleh gambaran ekonomi yang komprehensif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU)DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang FEBRIS SANTHOMAL - Personal Name
No. Panggil
Subyek ekonomi yang komprehensif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua