Detail Cantuman Kembali
HENDRI PURWADI - Personal Name

PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 SAMARINDA


HENDRI PURWADI. Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Siswa di SMA NEGERI 2 Samarinda (Dibawah bimbingan Dr. Zeni Haryanto, M.Pd dan Prof. Dr. Fl. Sudiran, M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap perilaku ramah lingkungan siswa. Adanya permasalahan lingkungan salah satu penyebabnya adalahkurangnya pengetahuan tentang lingkungan. Pengetahuan lingkungan yang baik akanmengurangi permasalahan lingkungan yang dicirikan dengan salah satu indikatornya adalahperilaku ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Samarinda. Jenispenelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil menggunakan teknikpurposive sampling, dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh 30 responden. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode tes multiple choice untuk variabelpengetahuan lingkungan dan angket untuk variabel perilaku ramah lingkungan. Hasilpenelitian menunjukan bahwa rata-rata skor pengetahuan lingkungan adalah 74 (Tinggi)dan
rata-rata skor perilaku ramah lingkungan adalah 76 (Sedang). Hasil perhitungan regresisederhana menunjukan thitung 2,779 > t tabel 2,048. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap perilaku ramah lingkungan siswa, dengan koefesien determinasi sebesar 21,6%.
Kata kunci: Pengetahuan Lingkungan, Perilaku Ramah Lingkungan, Geografi.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 SAMARINDA
Pengarang HENDRI PURWADI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit S2 Ilmu Lingkungan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua