Detail Cantuman Kembali
KUNCARI ISNAWATI - Personal Name

EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN DI PERDESAAN (PSP-3) DI KOTA SAMARINDA


Kuncari Isnawati, NIM. 1702016023 Program Pasca Sarjana Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judul “Evaluasi Kebijakan Program Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP-3) di Kota Samarinda”, di bawah bimbingan Bapak Dr. HM. Jamal Amin, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Iman Surya, M.Si, selaku pembimbing II. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kebijakan program pemuda sarjana penggerak pembangunan di perdesaan (PSP-3) di kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP-3).
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus utama penelitian ini meliputi enam kriteria yaitu: efektivitas, efisiensi, kecukupan, kesamaan,responsivitas, ketepatan
Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis dengan model interaktif yaitu: kondensasi data yang terdiri dari beberapa proses yang dilakukan oleh peneliti terhadap data yang diperoleh diantaranya selecting, focusing, simplying, abstracting,dan transforming data. Tahap selanjutnya yaitu: penyajian data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP-3) di Kota Samarinda yang berada di lokasi kelurahanSungai Siring, Tanah Merah (kecamatan Samarinda Utara) dan kelurahan Sindang Sari, Makroman, dan Sungai Kapih (kecamatan Sambutan) belum memenuhi kriteria efektif, efisien, kecukupan, kesamaan, ketepatan. Adapun untuk kriteria responsivitas lima program sudah memenuhi kriteria ini. Untuk kriteria ketepatan, tidak semua program memenuhi kriteria ini. Hanya budidaya ubi ungu dan budidaya ikan Lele serta kerupuk ikan Lele yang sudah tepat walaupun belum berhasil 100% di lokasi penempatan. Dua program yang belum tepat yaitu: budidaya ikan Nila di Sungai Siring dan pembuatan tepung Mocaf di Makroman. Faktor pendukung program (PSP-3) adalah adanya dukungan dari berbagai pihak baik itu pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dispora Kota, Dispora Provinsi Kalimantan Timur, kecamatan, kelurahan dan masyarakat setempat yang lokasinya menjadi penempatan program (PSP-3) serta adanya dana yang diterima oleh peserta (PSP-3) untuk melaksanakan kegiatan. Selain itu, faktor penghambat program (PSP-3) adalah pembimbingan yang dilakukan oleh peserta (PSP-3) kepada pemuda di lokasi berujung di tengah jalan, ada peserta yang jarang dilokasi penempatan dan sulit dihubungi, belum optimalnya keterampilan kewirausahaan, minimnya pengalaman dalam kegiatan ekonomi yang dimiliki oleh peserta (PSP-3), dan biaya bulanan yang sering terlambat diberikan kepada peserta (PSP-3), salah satu indikator keberhasilan tidak tercapai yaitu: tidak adanya penerus/pemuda yang melanjutkan program di daerah penempatan setelah program ini selesai serta latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.
Kata Kunci : Evaluasi, (PSP-3), Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Kesamaan, Responsivitas, Ketepatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN DI PERDESAAN (PSP-3) DI KOTA SAMARINDA
Pengarang KUNCARI ISNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit S2 Teknologi Pendidikan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua