KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT PUPUK KALTIM SIAGA RAMANIA SAMARINDA
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania Samarinda.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode. Yang pertama adalah statistik inferensial yang dibantu dengan software SmartPLS 3.0 untuk menganalisis tingkat signifikansi antara variabel. Dan yang kedua adalah statistic deskriptif dengan menggunakan nilai rata-rata skor kinerja dan harapan dan dibantu dengan software SPSS 23.
Dari hasil penelitian ini diketahui variable tangibles dan emphaty memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sedangkan variable reliability, responsiveness dan assurance memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan.
Namun dalam penelitian ini menunjukkan ada beberapa indikator yang dianggap penting tetapi pelaksanaanya kurang baik seperti pelayanan pemeriksaan pasien cepat, tenaga medis memberikan informasi kepada pasien sebelum pelayanan diberikan, kontak dengan perawat mudah, tenaga medis melakukan tindakan secara tepat dan cepat, dokter dan perawat ramah dalam bekerja, kesamaan pemberian pelayanan kepada pasien serta pasien merasa senang akan pelayanan yang diberikan.
Keywords : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT PUPUK KALTIM SIAGA RAMANIA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | RICKY PEBIYANTO PUTRA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | S2 Manajemen |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY