Detail Cantuman Kembali
YUNIZAR RIZKY MAULANA - Personal Name

PENGARUH LAMA PENGADUKAN ADONAN MENGGUNAKAN EXTRUDER SINGLE SCREW PRESS TERHADAP SIFAT SENSORI BERAS ANALOG


YUNIZAR RIZKY MAULANA. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2019. Pengaruh Lama Pengadukan Adonan Menggunakan Ekstruder Single Screw Press Terhadap Sifat Sensori Beras Analog (Dibawah bimbingan Bernatal Saragih dan Krishna Purnawan Candra).
Mesin Extruder menggunakan ulir (screw) untuk menghancurkan bahan makanan merupakan teknik yang paling sering digunakan. Mendesain ulang rancang bangun mesin pencetak beras analog merupakan salah satu upaya penyedia mesin alternatif cetak beras analog. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja alat pencetak beras analog mencetak bahan secara efisen dan mengetahui lama pengadukan adonan yang tepat pada mesin pencetak beras analog.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 taraf perlakuan. Perbandingan lama pengadukan adonan adalah 10 detik, 15 detik, 20 detik dan 25 detik. Data yang diperoleh diolah dengan sidik ragam (ANOVA). Untuk data organoleptik beras sebelum dimasak dan nasi setelah dimasak diolah menggunakan MSI (Method of Successive Interval) sebelum dianalisis dengan ANOVA. Jika pada uji terdapat pengaruh yang nyata pada perlakuan, maka akan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati yaitu (uji hedonik) dan (uji mutu hedonik).
Hasil penelitian menunjukkan lama pengadukan adonan menggunakan Exstruder Singgle Screw Press berpengaruh nyata terhadap tekstur dan keseragaman beras dengan perlakuan terbaik adalah kecepatan 25 detik, uji hedonik tekstur dan keseragaman pada beras adalah suka, sementara warna dan aroma agak suka sedangkan pada mutu hedonik yaitu tekstur dan keseragaman adalah padat dan beraroma tepung mocaf dan bonggol pisang. warna dan aroma, putih coklat dan agak beraroma bonggol pisang. Uji hedonik tekstur pada nasi adalah suka, sementara warna, aroma dan rasa agak suka lalu pada mutu hedonic tekstur yaitu lunak, warna yaitu putih coklat, aroma yaitu agak beraroma bonggol pisang, sedangkan rasa yaitu agak berasa bonggol pisang dan mocaf.
Kata kunci: exstruder single screw press, lama pengadukan, beras analog.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LAMA PENGADUKAN ADONAN MENGGUNAKAN EXTRUDER SINGLE SCREW PRESS TERHADAP SIFAT SENSORI BERAS ANALOG
Pengarang YUNIZAR RIZKY MAULANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua