Detail Cantuman Kembali
ADI RAHMADHANI - Personal Name

ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI AKAD MURABAHAH BERDASARKAN PSAK NO. 102 PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI, Tbk. CABANG SAMARINDA

Adi Rahmadhani, 2015, Analisis Perlakuan Akuntansi Akad Murabahah Berdasarkan PSAK No 102 Pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Cabang Samarinda. Dosen Pembimbing I Bapak H. Suharyono dan Dosen Pembimbing II Ibu Hj. Musviyanti.
Tujuan penelitian untuk mengetahui perlakuan akuntansi akad murabahah yang dilakukan PT Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda dengan PSAK No. 102. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Dimana dalam penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan perlakuan akuntansi yang dilakukan pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda terhadap akuntansi yang diterapkan berdasarkan PSAK No.102 tentang akuntansi murabahah.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan perlakuan akuntansi murabahah di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda belum sesuai dengan PSAK No.102 tahun 2013 yang berkaitan dengan informasi persediaan murabahah sedangkan untuk pengakuan dan pengukuran uang muka, Penjualan secara angsuran, pembayaran angsuran jatuh tempo, pembayaran angsuran setelah jatuh tempo, denda, dan pelunasan piutang lebih awal telah sesuai dengan PSAK No. 102 tahun 2013. Hasil penelitian ini juga menunjukkan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda menggunakan kombinasi PSAK 102 Tahun 2013 dan PSAK 50, 55, dan 60 untuk perlakuan akuntansi piutang murabahah. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda agar perlakuan akuntansi murabahah bisa dilaksanakan sesuai substansi jual beli.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI AKAD MURABAHAH BERDASARKAN PSAK NO. 102 PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI, Tbk. CABANG SAMARINDA
Pengarang ADI RAHMADHANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua