Detail Cantuman Kembali
RONALDO LOBATRAR - Personal Name

STUDI PEMANFAATAN TUMBUHAN UNTUK UPACARA ADAT PADA SUKU MOI KLABRA DI KAMPUNG MLAWEN DISTRIK KLAWAK KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT


Ronaldo Lobatrar. Studi Pemanfaatan Tumbuhan Untuk Upacara Adat Pada Suku Moi Klabra di Kampung Mlawen Distrik Klawak Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. (Dibimbing oleh Paulus Matius dan Hastaniah).
Pada setiap suku di Indonesia pasti memiliki upacara-upacara adat yang dipercayai oleh pemiliknya masih bersifat gaib. Salah satu alasan penelitian danpenggalian tumbuhan yang dimanfaatkan untuk upacara adat adalah disebabkanmodernisasi saat ini yang hampir melupakan kearifan lokal yang dimiliki setiap daerah sehingga sangat perlu untuk menggali potensi-potensi tumbuhan yang dimanfaatkan dan yang belum dikenal oleh masyarakat luas.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejarah dan budaya upacara adat, perencanaan hingga selesainya pelaksanaan upacara adat dan menginventarisir jenis serta bagian tumbuhan yang dimanfaatkan
Metode penelitian ini adalah metode kualitatif mewawancarai 20 responden, dengan teknik snowball sampling yakni tokoh dan pelaku upacara adat suku Moi Klabra sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Dalam penelitian ini ditemukan 3 jenis upacara adat yang paling besar di wilayah suku Moi Klabra yaitu: Hya, Krenksi dan Lantot. Kemudian terdapat 36jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat suku Moi Klabra dalam upacara adat.
Dalam upacara adat suku Moi Klabra, yang memiliki peranan penting dalam upacara adat adalah Tabib (Won). Tanpa kehadirannya maka kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan adat suku Moi Klabra terutama upacara adat maka kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PEMANFAATAN TUMBUHAN UNTUK UPACARA ADAT PADA SUKU MOI KLABRA DI KAMPUNG MLAWEN DISTRIK KLAWAK KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT
Pengarang RONALDO LOBATRAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua