PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI KONSULTAN DALAM DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Norma Tri Yuliana Sari,2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Sebagai Konsultan Dalam Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA IT Granada Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibawah bimbingan Rury Muslifar, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Kata Kunci : Peran guru bimbingan dan konseling, konsultan, disiplin belajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana peran guru bimbingan dan konseling sebagai konsultan dalam disiplin belajar siswa kelas X SMA IT Granada Samarinda tahun ajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling sebagai konsultan dalam disiplin belajar siswa kelas X SMA IT Granada Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian peran guru bimbingan dan konseling sebagai konsultan dalam disiplin belajar siswa kelas X SMA IT Granada Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 dengan subjek 1 guru bimbingan dan konseling, 1 wali kelas, 1 guru mata pelajaran dan 3 orang siswa yang akan menjadi informan dalam rangka melengkapi data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling membantu siswa mengatasi permasalahannya dengan cara memberikan nasehat dan arahan kepada siswa, serta memberikan materi pada saat bimbingan klasikal tentang cara disiplin belajar yang baik pada saat didalam kelas. Kemudian kerja sama yang dilakukan dengan guru mata pelajaran berupa mencari informasi mengenai perkembangan belajar siswa, perilaku siswa didalam kelas serta masalah yang dialami siswa pada saat belajar. Selanjutnya kerja sama yang dilakukan dengan wali kelas berupa menyelesaikan permasalahan siswa secara bersamaan dan dilakukannya home visit bagi siswa yang membutuhkan. Hal ini menunjukan peran guru bimbingan dan konseling sebagai konsultan sudah berjalan dengan baik. Diharapkan guru bimbingan dan konseling lebih optimal dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain seperti wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua dan staff untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI KONSULTAN DALAM DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | NORMA TRI YULIANA SARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY