Detail Cantuman Kembali
ANINDITA PUTERI MIRANTI - Personal Name

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 002 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Anindita Puteri Miranti, 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Gaya dengan Model Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas IV Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. (Dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M. Si selaku dosen pembimbing I dan Dr. H. Achmad Ridhani, M. Pd selaku dosen pembimbing II)
Kata Kunci : Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Gaya, Group Investigation (GI)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi Gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Samarinda Utara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya dengan Model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 002 Samarinda Utara yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA materi Gaya dengan Model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Data dianalisis dengan persentase keaktifan siswa sesuai dengan kriteria yang ditentukan yaitu telah mencapai minimal 75% untuk setiap aspek diamati, dan melihat ketuntasan belajar siswa sesuai dengan Kriteria Keuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 72 dan persentase ketuntasan telah mencapai 75%.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPA materi Gaya dengan Model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata jumlah skor pada siklus I dengan persentase 43,61% predikat cukup baik, pada siklus II menjadi 69,78% predikat baik dengan persentase peningkatan sebesar 26,18% dari siklus sebelumnya. Untuk hasil belajar siswa, pada kondisi awal sebelum penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63 dengan persentase ketuntasan 32%, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 71 dengan pesrsentase ketuntasan 50% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 18%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 83% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 33%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Group Investigation (GI) terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Samarinda Utara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 002 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang ANINDITA PUTERI MIRANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua