Detail Cantuman Kembali
RANDI PRANATA - Personal Name

EFEKTIVITAS DESAIN TATA LETAK FASILITAS DALAM MEMAKSIMALKAN PROSES PRODUKSI PADA PENGRAJIN TAHU KARYA MANDIRI KOTA SAMARINDA


Randi Pranata. Efektivitas Desain Tata Letak Fasilitas Dalam Memaksimalkan Proses Produksi Pada Pengrajin Tahu Karya Mandiri Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Dr. M. Zaini, M.Si selaku pembimbing I dan Muhammad Fikry, MBA., BBA selaku pembimbing II.
Usaha pengrajin tahu Karya Mandiri tiga bulan terakhir mengalami penurunan pendapatan akibat kurangnya produksi yang dihasilkan pengrajin tahu Karya Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas desain tata letak fasilitas dalam memaksimalkan proses produksi pada pengrajin tahu Karya Mandiri Kota Samarinda.
Manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal, penggunaan sumber daya-sumber daya (atau sering disebut faktor faktor produksi), tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagainya dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbaga produk atau jasa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu Pemilik Pengrajin Tahu Karya Mandiri. Informan lain ditentukan secara purposive sampling yaitu karyawan pengrajin tahu Karya Mandiri berjumlah 4 orang. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif menurut Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan tahu pada Pengrajin Tahu Karya Mandiri masih belum sesuai dengan urutan operasi pembuatan tahu dikarenakan lokasi tiap proses cukup berjauhan dan melewati proses produksi satu dengan lainnya, sehingga dalam pengerjaan terjadi bolak balik ke tempat yang sudah dilakukan sebelumnya. Waktu produksi masih kurang optimal karena proses produksi pembuatan tahu sekitar 7-8 jam yang seharusnya hanya 6 jam terdiri dari perendaman 3 jam, pemanasan 1 jam, penggilingan setengah jam, penyaringan setengah jam, pencetakan 2 jam. Lokasi yang digunakan yaitu 10-8 m yaitu tidak begitu luas, namun karena pelaksanaan antar proses berjauhan sehingga terjadi angkut-meangkut bahan produksi dari satu proses ke proses lainnya, sehingga pekerjaan yang dihasilkan kurang maksimal.
Disarankan Pengrajin tahu Karya Mandiri Kota Samarinda sebaiknya mengatur ulang desain tata letak fasilitas yang berurutan sesuai dengan proses produksi sehingga dapat memaksimalkan proses produksi sesuai dengan target dan waktu yang efisien.
Kata Kunci : Efektivitas, Desain Tata Letak, Produksi.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS DESAIN TATA LETAK FASILITAS DALAM MEMAKSIMALKAN PROSES PRODUKSI PADA PENGRAJIN TAHU KARYA MANDIRI KOTA SAMARINDA
Pengarang RANDI PRANATA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua