GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SIKAP BERPIKIR KRITIS GURU DI SMK NEGERI 2 SANGATTA UTARA KUTAI TIMUR
ABDUL ROHMAN IMAM YAHYA. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sikap Berpikir Kritis Guru Di SMK Negeri 2 Sangatta Utara Kutai Timur. (dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Zaenab Hanim, M.Pd. dan Prof. Dr, H, Rahmat Soe’oed, MA.)
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dikembangkan di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. (2) pengembangan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun sikap berpikir kritis guru di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. (3) faktor pendukung dan penghambat pengembangan sikap berpikir kritis guru di SMK Negeri 2 Sangatta
Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, hasil wawancara diberi koding dan dilakukan trianggulasi sumber. Usaha kepala sekolah dalam pembangunan sikap berpikir kritis guru yang ditemukan dilapangan adalah (1) Melibatkan guru dalam mengambil keputusan, (2) Memberikan keterbukaan berpikir kepada guru, (3) Kepala sekolah memiliki pemikiran yang luas, (4) Kepala sekolah mengembangkan
sikap toleransi dan saling menghargai, dan (5) Kegiatan sekolah dilaksanakan sesuai Pedoman operasional standar. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Berbagai karakteristik kepala sekolah yang dominan muncul adalah gaya demokratik, (2) Kepemimpinan kepala sekolah yang mengutamakan kekeluargaan dan keterbukaan berpikir yang mengacu pada peraturan dan pedoman operasional standar, dapat membangun sikap berpikir kritis guru di
SMK Negeri 2 Sangatta Utara, dan (3) Faktor pendukung pembangunan sikap berpikir kritis guru adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kekeluargaan dan keterbukaan berpikir mampu menekan egosentris dan sosiosentris. Tetapi conformisme dan asumsi masih muncul menjadi penghambat pembangunan sikap berpikir kritis guru.
Kata kunci : gaya kepemimpinan kepala sekolah, sikap berpikir kritis
Ketersediaan
Detail Information
Judul | GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SIKAP BERPIKIR KRITIS GURU DI SMK NEGERI 2 SANGATTA UTARA KUTAI TIMUR |
---|---|
Pengarang | Abdul Rohman Imam Yahya. - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | gaya kepemimpinan kepala sekolah, sikap berpikir k |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY