KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DAN ANALISIS BUTIR SOAL ASAH TERAMPIL MATEMATIKA (ASTRAMATIKA) XXV TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA TAHAP PENYISIHAN SOAL MANDIRI URAIAN
Marpuah, Niswatul. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta dan Analisis Butir Soal Asah Terampil Matematika (ASTRAMATIKA) XXV Tingkat Sekolah Dasar pada Tahap Penyisihan Soal Mandiri Uraian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universtas Mulawarman: (I) Drs. Kukuh, M.Pd dan (II) Dra. Suriaty, M.PdPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta dan kualitas soal Asah Terampil Matematika XXV tingkat sekolah dasar pada soal mandiri uraian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulai Mei dengan data penelitian di peroleh pada Asah Terampil Matematika XXV yang dilaksanakan di 3 daerah yaitu di FKIP Universitas Mulawarman, di Universitas Balikpapan, dan di SMAN 1 Bontang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta Asah Terampil Matematika XXV yang berjumlah 308 peserta dan objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal dan kualitas soal Asah Terampil Matematika XXV.Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil tes pada tahap penyisihan diperoleh 1 peserta pada kategori baik, 11 peserta pada kategori kurang, 296 peserta pada kategori sangat kurang dan tidak ada peserta yang tergolong pada kategori sangat baik dan cukup. Kemampuan pemecahan masalah peserta Asah Terampil Matematika XXV tingkat Sekolah Dasar adalah: 1) kemampuan siswa dalam memahami masalah tergolong dalam kategori sangat kurang, 2) kemampuan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah tergolong dalam kategori sangat kurang, 3) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah tergolong dalam kategori sangat kurang, 4) kemampuan siswa dalam menemukan hasil dan memeriksa kembali tergolong dalam kategori sangat kurang. Dengan demikian kemampuan peserta Asah Terampil Matematika XXV tingkat Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah pada tahap penyisihan soal mandiri uraian secara keseluruhan dikatakan sangat kurangKualitas soal Asah Terampil Matematika XXV pada soal mandiri uraian seluruh soal memiliki daya pembeda yang siginifikan, dan soal memiliki reabilitas soal yang tergolong rendah sehingga secara keseluruhan soal termasuk dalam soal sukar.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DAN ANALISIS BUTIR SOAL ASAH TERAMPIL MATEMATIKA (ASTRAMATIKA) XXV TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA TAHAP PENYISIHAN SOAL MANDIRI URAIAN |
---|---|
Pengarang | Niswatul Marpuah - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY