Detail Cantuman Kembali
Ika Nurcahyaningsih - Personal Name

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOBRY KELAS XI KEPERAWATAN 9 SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Materi : Larutan Elektrolit dan Larutan Non-Elektrolit)


Ika Nurcahyaningsih. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran SOBRY Pada Sub Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Larutan Non-Elektrolit Kelas XI Keperawatan 9 SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dibimbing oleh Iis Intan Widiyowati, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. H. Usman, S.Si., M.Si selaku pembimbing II.

Model SOBRY adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk mengaktifkan peserta didik, membuat proses pembelajaran lebih hidup dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam penyelesaian soal kimia pada materi larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit melalui penerapan model pembelajaran SOBRY. Parameter tingkat kemampuan berpikir yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan indikator berpikir kritis yang tertuang pada soal post-test dan ulangan harian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Keperawatan 9 SMK Kesehatan Samarinda yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran SOBRY pada materi larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan interpretasi yang baik dengan nilai rata-rata 73,00; hampir separuhnya siswa memiliki kemampuan menjelaskan yang baik dengan nilai rata-rata 69,00; hampir separuhnya siswa memiliki kemampuan analisis yang baik dengan nilai rata-rata 68,00; hampir separuhnya siswa memiliki kemampuan evalusi yang cukup dengan nilai rata-rata 56,00; sebagian besar siswa memiliki kemampuan inferensi yang baik dengan nilai rata-rata 72,00 dan sebagian besar siswa memiliki kemampuan self regulation yang cukup dengan nilai rata-rata 59,00.

Kata Kunci : Model SOBRY. Kemampuan Berpikir Kritis. Larutan Elektrolit dan Larutan Non-Elektrolit

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOBRY KELAS XI KEPERAWATAN 9 SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Materi : Larutan Elektrolit dan Larutan Non-Elektrolit)
Pengarang Ika Nurcahyaningsih - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model SOBRY. Kemampuan Berpikir Kritis.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua