Detail Cantuman Kembali
BEKTI SYAM PURNANTI - Personal Name

ASOSIASI BINTANG MENGULAR (Ophiuroidea) PADA PADANG LAMUN (Enhalus acoroides) DI PERAIRAN DUSUN SELANGAN KOTA BONTANG

BEKTI SYAM PURNANTI, 2017. Asosiasi Bintang Mengular (Ophiuroidea) Pada Padang Lamun (Enhalus acoroides) di Perairan Dusun Selangan, Kota Bontang. (Dibimbing oleh Lily Inderia Sari dan Iwan Suyatna).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi antara Bintang Mengular (Ophiuroidea) dengan padang lamun di perairan Dusun Selangan Kota Bontang dan hubungannya dengan parameter fisika-kimia dan substrat dasar perairan. Penelitian ini dilakukan dimulai bulan Desember 2016 sampai dengan Januari 2017.

Pengambilan data dilakukan pada empat stasiun yaitu stasiun utara, selatan, timur, barat dengan masing-masing terdapat tiga titik pengamatan yaitu (Low Surface Water), (Middle Surface Water) dan (High Surface Water). Pengamatan dilakukan dengan menggunakan transek kuadran berukuran 50 x 50 cm dengan interval pengambilan sampel 15 hari. Analisis data menggunakan
Kepadatan Bintang Mengular sedangkan perhitungan lamun menggunakan Kerapatan dan Kerapatan Relatif, Frekuensi dan Frekuensi Relatif, Penutupan dan Penutupan Relatif , Indeks Nilai Penting dan Korelasi Moment Product Pearson. Hasil identifikasi Bintang Mengular (Ophiuroidea) ditemukan dua jenis, yaitu Ophiocoma dentata dan Ophiarthrum elegans tertinggi kepadatannya pada stasiun timur, sedangkan spesies lamun yang ditemukan hanya satu jenis yaitu Enhalus acoroides dengan rata-rata tegakan lamun/m² tertinggi pada stasiun timur. Uji statistika korelasi “r” antara kepadatan Bintang Mengular (Ophiuroidea) dan kerapatan lamun adalah 0,66 -> (66%), 0,88 -> (88)%, dan 0,58 -> (58%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kerapatan tegakan lamun maka akan mendorong kepadatan dari Bintang mengular (Ophiuroidea) tersebut.
Kata kunci : Bintang mengular, Lamun, Parameter Fisika-Kimia, Substrat Dasar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ASOSIASI BINTANG MENGULAR (Ophiuroidea) PADA PADANG LAMUN (Enhalus acoroides) DI PERAIRAN DUSUN SELANGAN KOTA BONTANG
Pengarang BEKTI SYAM PURNANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Parameter Fisika-Kimia, Substrat Dasar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua