Detail Cantuman Kembali
Ahmad Nurul Huda - Personal Name

MENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI I LONG IKIS PADA MATERI KALOR MELALUI PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF ( PTK PADA KELAS VII SMP NEGERI I LONG IKIS )

ABSTRAK
Ahmad Nurul Huda, Peningkatan hasil belajar fisika dan aktifitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Long Ikis pada materi kalor melalui pendekatan konflik kognitif. Penelitian ini dibawah bimbingan Drs. Zulkarnaen, M. Siselaku pembimbing 1 dan Drs. M. Yunus, M.Pd selaku pembimbing 2
Strategi pembelajaran dan pendekatan konflik kognitif adalah metode pemberian masalah-masalah yang kompleks kepada siswa, sehingga menimbulkan motivasi kepada siswa untuk mau belajar dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan dengan melakukan percobaan atau Tanya jawab antara guru dengan siswa sampai didapat kesimpulan dari permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pendekatan konflik kognitif pada pokok bahasan kalor siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Long Ikis. Untuk mengetahui aktifitas siswa melalui pendekatan konflik kognitif serta untuk mendapatkan pembelajaran yang efektidan fisien. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus kegiatan. Tiap siswa terdiri dari empat kegiatan yaitu: (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Pengamatan, (d) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Long Ikis. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi.
Data yang diperoleh melalui observasi diolah bersama mitra kolaborasi kemudian dipresentasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tredapat peningkatan hasil belajafisika dan ketuntasan belajar 80, aktifitas siswa dan pemunculan keterampilan kooperatif siswa dalam pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI I LONG IKIS PADA MATERI KALOR MELALUI PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF ( PTK PADA KELAS VII SMP NEGERI I LONG IKIS )
Pengarang Ahmad Nurul Huda - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua