PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Wati, Adinda Merdeka. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. H. Abd. Basir, M.Si dan (II) Drs. JR. Watulingas, MM Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua (X1) dan kecemasan (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y) siswa kelas VII SMP Negeri 9 tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling sehingga sampel penelitian terdiri dari 5 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang perhatian orang tua dan kecemasan, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu analisis jalur dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut, nilai rata-rata dari data hasil penelitian perhatian orang tua sebesar 70,14 tergolong kategori sedang dan nilai rata-rata dari data hasil penelitian kecemasan sebesar 37,55 tergolong kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 50,76. Hal ini berarti hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Samarinda tergolong kategori rendah.
Dari hasil analisis menggunakan analisis jalur diperoleh sub-struktur 1 signifikan sehingga terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap kecemasan dengan besar kontribusi 22,8%. Sedangkan untuk sub-struktur 2 signifikan sehingga terdapat pengaruh perhatian orang tua terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 7,1% dan terdapat pengaruh kecemasan terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 7,3%. Berdasarkan analisis inferensial, maka disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan kecemasan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Perhatiaan orang tua dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan hasil belajar matematika sedangkan kecemasan dapat menurunkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kecemasan, Hasil Belajar Matematika
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Adinda Merdeka Wati - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Perhatian Orang Tua, Kecemasan, Hasil Belajar Mate |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY