Detail Cantuman Kembali
Mey Atita Ratih - Personal Name

ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PT. BETTER TEKNIK INDONESIA


Mey Atita Ratih, 2017. Analisis Kebutuhan Modal Kerja pada PT. Better Teknik Indonesia dibawah bimbingan Bapak Rande Samben sebagai pembimbing 1 dan Ibu Annisa Kusumawardhani sebagai pembimbing 2.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah modal kerja yang tersedia pada PT. Better Teknik Indonesia sudah dapat memenuhi kebutuhan modal kerja untuk menjamin kelancaran operasional perusahaan pada tahun 2017 dan untuk mengetahui berapa modal kerja yang dibutuhkan oleh PT. Better Teknik Indonesia agar dapat menjalankan kegiatan operasionalnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah modal kerja yang tersedia pada PT. Better Teknik Indonesia sudah dapat memenuhi kebutuhan modal kerja untuk menjamin kelancaran operasional perusahaan dan berapa modal kerja yang dibutuhkan oleh PT. Better Teknik Indonesia agar dapat menjalankan kegiatan operasionalnya.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perputaran modal kerja. Kebutuhan modal kerja dihitung dengan membagikan proyeksi atau ramalan penjualan tahun 2017 dengan total kecepatan perputaran variabel modal kerja (kas dan bank, piutang usaha, piutang lain-lain) tahun 2016.
Berdasarkan analisis kecepatan perputaran modal kerja menunjukkan tingkat kecepatan perputaran modal kerja sebanyak 0.66 kali dalam kurun waktu satu tahun (365 hari) dan lamanya tingkat pengembalian piutang kedalam bentuk kas menjadikan kebutuhan modal kerja semakin tinggi karena piutang membutuhkan waktu 367 hari untuk dapat kembali menjadi kas. Rendahnya tingkat kecepatan perputaran modal kerja tersebut menyebabkan kebutuhan modal kerja menjadi besar.
Berdasarkan analisis dan pembahasan menyatakan bahwa target penjualan perusahaan pada tahun 2017 adalah sebesar Rp 43.884.810.995,-sedangkan modal kerja perusahaan yang sudah tersedia dalam aset lancar perusahaan pada laporan posisi keuangan per 31 Desember 2016 adalah sebesar Rp 25.098.184.403,- sehingga perusahaan masih membutuhkan modal kerja sebesar Rp 18.786.626.592,-. untuk mencapai target penjualan perusahaan.

Kata Kunci : Modal kerja, perputaran modal kerja, kebutuhan modal kerja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PT. BETTER TEKNIK INDONESIA
Pengarang Mey Atita Ratih - Personal Name
No. Panggil
Subyek Modal kerja, perputaran modal kerja, kebutuhan mod
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua