Detail Cantuman Kembali
Eka Ummia Susanti - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Dengan Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu


Eka Ummia Susanti, 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Dengan Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing: I. Drs. Yudo Dwiyono, M.Si, Pembimbing: II. H. Kusdar, M. Ag

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Energi dan Penggunaannya menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT pada siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu. Subjek penelitian 22 orang siswa terdiri 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntusan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70.
Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT melalui penelitian tindakan kelas (PTK) . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam pembelajaran IPA materi Energi dan Penggunaannya kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu. (2) mendriskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Energidan Penggunaannya kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Materi yang dibahas adalah Energi dan Penggunaannya. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat belajar mengalami langsung melalui percobaan yang dilakukan. Selain itu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat perolehan skor yang meningkat dari tahap awal siswa yang tuntas 5 siswa dengan rata-rata 57,95 pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 7 siswa yang tuntas dengan rata-rata 59,31 dan pertemuan II meningkat lagi menjadi 9 siswa yang tuntas dengan rata-rata 70,09 pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 11 siswa yang tuntas dengan rata-rata 75 dan pertemuan II meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan rata-rata 81,54 pada siklus III pertemuan I meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas dengan rata-rata 92 dan pertemuan II menjadi 20 siswa yang tuntas dengan rata-rata 93,86. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan Model Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPA dikelas IV SDN 001 Samarinda Ulu.

Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Kooperatif Tipe NHT

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Dengan Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu
Pengarang Eka Ummia Susanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar, IPA, Model Kooperatif Tipe NHT
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua