Detail Cantuman Kembali
HERMI WIDAYATI - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN-KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR PADA SEMESTER GANJIL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

ABSTRAK
Hermi Widayati. 2009. Analisis kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar pada semester ganjil mahasiswa pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas mulawarman, di bawah bimbingan Drs. Pramudjono, M.S sebagai pembimbing I dan Drs. Usfandi Haryaka, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaiakan soal-soal aljabar dan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar pada semester ganjil mahasiswa pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas mulawarman.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman Samarinda, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester ganjil yang mengambil mata kuliah aljabar sebanyak 138 orang mahasiswa dari tiga kelas yaitu kelas reguler pagi A, reguler pagi B dan regular sore dan objek penelitian adalah kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam menyelesaikan soal-soal aljabar ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa, kesalahan tersebut antara lain kesalahan konsep, kesalahan dalam menghitung, penyimpangan algoritma, kesalahan tanda, jawaban sembarang, soal tidak selesai dikerjakan dan tidak menjawab menjawab sama sekali soal yang diberikan. Kesalahan-kesalahan ini disebabkan oleh karena ada sebagian mahasiswa yang minatnya terhadap matematika kurang, mahasiswa kurang menguasai konsep-konsep aljabar, mahasiswa kurang latihan-latihan soal, mahasiswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, serta kurang terbukanya mahasiswa terhadap dosen apabila mengalami kesulitan dalam belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan penguasaan konsep aljabar sebanyak 19,39 %, kesalahan dalam menghitung sebanyak 28,61 %, kesalahan dalam penyimpangan algoritma sebanyak 9,69 %, kesalahan tanda yang harusnya negative menjadi positif maupun sebaliknya sebanyak 5,67 %, jawaban sembarang sebanyak 1,89 %, soal tidak selesai dijawab sebanyak 23,40 % dan soal tidak dijawab sebanyak 11,35 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar mahasiswa lebih menguasai konsep-konsep aljabar yang diberikan oleh dosen, untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar maka perlu banyak latihan-latihan soal, apabila mengalami kesulitan dalam belajar maupun dalam mengerjakan soal perlu dicari pemecahannya baik bertanya dengan dosen, kakak tingkat maupun teman seangkatan, sebaiknya mahasiswa membuat kelompok belajar agar memudahkan mahasiswa apabila mengalami kesulitan dalam belajar maupun dalam mengerjakan tugas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN-KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR PADA SEMESTER GANJIL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang HERMI WIDAYATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua