Detail Cantuman Kembali

PERANCANGAN SISTIM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM BERBASIS WEB (STUDI KASUS LABORATORIUM KOMPUTASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MULAWARMAN)


Laboratorium Komputasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Di dalam laboratorium terdapat bermacam inventaris yang bergerak dinamis seiring dengan kebutuhan laboratorium dan penggunanya. Dalam mengelola inventaris tersebut diperlukan sebuah sistim inventaris yang memegang peranan penting dalam memberikan informasi mengenai transaksi-transaksi inventaris di dalam laboratorium kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Selain memberikan informasi terkait inventaris dan transaksi tersebut juga dibutuhkan laporan mengenai inventaris dalam laboratorium.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistim informasi inventaris menggunakan metode prototyping serta mengimplementasikan sistim informasi manajemen laboratorium berbasis web pada Laboratorium Komputasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu communication meliputi identifikasi masalah, analisis masalah, dan analisis kebutuhan. Selanjutnya tahapan quick plan yaitu perencanaan kerkangka sistim, setelah itu prototyping membuat aplikasi, dan yang terakhir adalah deployment yaitu pemasangan dalam sistim. Pemodelan sistim menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.

Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype sistim informasi manajemen inventaris pada Laboratorium Komputasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman yang mencakup modul data inventaris, modul data peminjaman dan pengembalian inventaris, modul pengelolaan inventaris, modul laporan inventaris, modul laporan peminjaman dan pengembalian inventaris, laporan pengelolaan inventaris. Hasil pengujian sistim menggunakan metode blackbox testing menunjukkan bahwa sistim sudah berjalan dengan baik dan memiliki tampilan yang nyaman serta mudah dipergunakan.



Kata kunci: Sistim Informasi Manajemen, Prototyping, PHP, MySQL

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN SISTIM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM BERBASIS WEB (STUDI KASUS LABORATORIUM KOMPUTASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Pengarang BACHTIAR YUSUF NASRUDDIN AMANULLAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Sistim Informasi Manajemen, Prototyping, PHP, MySQ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua