Detail Cantuman Kembali
ALIA BUDY CAHAYANA - Personal Name

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI TIMUR DALAMMENSOSIALISASIKAN PROGRAM KTP ELEKTRONIK PADA MASYARAKAT


Alia Budy Cahayana, NIM 1202055013, Analisis Strategi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timur dalam Mensosialisasikan KTP Elektronik pada Masyarakat dibawah bimbingan Hj.Hairunnisa,S.Sos.,MMselaku Dosen Pembimbing I dan Drs. Ghufron, M.Siselaku Dosen Pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan kegiatanstrategi komunikasi yang digunakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timur dalam mensosialisasikan KTP Elektronik pada masyarakat.Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya masyarakat di Kutai Timur yang masih belum memiliki KTP Elektronik sehingga peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timur.

Metode penelitian pada penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Yaitu penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan dengan menggunakan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif oleh Matthew B. Milles, A. Michael Huberman dan Johny Saldana.

Hasil dari penelitian,menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timur melakukan strategi komunikasi berupa ajakan dan himbauan untuk melakukan perekaman KTP Elektronik melalui kegiatan sosialisasi, kampanye maupun penyuluhan dengan berbagai media umum,media massa maupun new media, sebagai upaya mendistribusikan KTP Elektronik kepada masyarakat.Dalam upayamensosialisasikan KTP Elektronik di Kutai Timur,kegiatan yang telah disusun melalui Renstra dan program kerja khusus lainnya, masih menyisakan pekerjaan rumah yang cukup berat bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timurkarena hingga tahun 2018, masih sekitar 50 ribu orang yang belum melakukan perekaman. Hal ini dapat dijadikan acuan agar terus melakukan ajakan,himbauan dan melakukan penyebaran informasi yang massif dengan cara sosialisasi, penyuluhan, dan kampanye mengingat betapa pentingnya KTP Elektronik ini.



Kata Kunci :Strategi Komunikasi, Disdukcapil, KTP Elektronik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI TIMUR DALAMMENSOSIALISASIKAN PROGRAM KTP ELEKTRONIK PADA MASYARAKAT
Pengarang ALIA BUDY CAHAYANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Strategi Komunikasi, Disdukcapil, KTP Elektronik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua