Detail Cantuman Kembali
Eli Trisnawati - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 001 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019



Eli Trisnawati, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya dan Gerak Tema Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas IV SDN
001 Loa Janan Ilir Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh (1) Drs. H. Sujiman, M,Pd dan (2) Dra. Hj. Warsinah, M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Gaya, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI)

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tema daerah tempat tinggalku muatan IPA Kelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tema daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif tip group investigation pada siswa kelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran
2018/2019. Maka tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Loa Janan Ilir dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA tema daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada kondisi awal memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 55,14 dengan persentase ketuntasan 16,22%. Hasil belajar siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas sebesar 66.11 dengan persentase ketuntasan 45,95%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas sebesar
81,43 dengan persentase ketuntasan mencapai 89,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar IPA tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 001 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang Eli Trisnawati - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Gaya, Model Pembelajaran Kooper
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua