Detail Cantuman Kembali
SARINA VERONIKA SINAGA - Personal Name

RESPONS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KOMPOS ECENG GONDOK PADA TANAH PASCA TAMBANG


SARINA VERONIKA SINAGA. Respons Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Terhadap Pemberian Pupuk Kompos Eceng Gondok Pada Tanah Pasca Tambang. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019 (dibawah bimbingan Penny Pujowati dan Eliyani).
Peningkatan hasil tanaman selada dapat dilakukan dengan pemberian pupukorganik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dosis optimum pupuk kompos eceng gondok pada tanah pasca tambang yang dapat memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik tanaman selada (Lactuca sativa L.).
Penelitian dilaksanakan sejak September 2018 sampai dengan Februari 2019di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan faktor tunggal terdiri dari 5 taraf perlakuan dengan 5 ulangan yakni 0, 50, 100, 150 dan 200 g polybag-1. Variabel penelitian yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang akar dan berat segar tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kompos eceng gondok pada tanah pasca tambang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 14, 28, 35 dan 42 hari setelah pindah tanam (HSPT) serta jumlah daun pada umur 35 HSPT. Pemberian dosis sebesar 150 g polybag-1 memberikan hasil berat segar tanaman dengan rata-rata tanaman tertinggi yaitu 3,11 g.
Kata kunci : Eceng gondok, kompos, selada, tanah pasca tambang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RESPONS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KOMPOS ECENG GONDOK PADA TANAH PASCA TAMBANG
Pengarang SARINA VERONIKA SINAGA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua