Detail Cantuman Kembali
DESTRI RINANDA - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POKOK LOGARITMA PADA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019


Destri Rinanda, 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Logaritma Pada Kelas X SMA Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dr. H. Usfandi H. M.Pd, dan (II) Drs. J. R. Watulingas, MM.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok logaritma pada kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Samarinda yang berjumlah 28 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah kesalahan yang dilakukan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pokok logaritma pada kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 dan guru mata pelajaran matematika yang diwawancarai. Berdasarkan sumber data tersebut terpilih 6 orang sebagai subjek. Pemilihan siswa sebagai subjek berdasarkan pada jenis kesalahan siswa yang mewakili kesalahan siswa lainnya dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, hasil tes, dan wawancara. (1) dokumentasi pada penelitian ini adalah catatan siswa berupa latihan soal (2) tes berupa soal uraian sebanyak 8 butir soal yang diberikan kepada siswa dengan materi pokok logaritma, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru mata pelajaran matematika yang mengajar di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Samarinda.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi logaritma, yaitu sebagai berikut: (1) kesalahan konseptual, (2) kesalahan ivrocedural, (3) kesalahan teknik, dan (4) temuan lainnya. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu: siswa tidak memahami konsep dari sifat logaritma yang digunakan, tidak mengecek kembali langkah-langkah pengerjaannya, tidak teliti saat mengerjakan, menyalin jawaban siswa lainnya, dan tidak memperhatikan penjelasan yang sudah diberikan.


Kata Kunci : Analisis, Kesalahan dalam menyelesaikan soal logaritma, Kelas X

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POKOK LOGARITMA PADA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang DESTRI RINANDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis, Kesalahan dalam menyelesaikan soal logar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua