Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD FADLAN ADAM - Personal Name

GAMBARAN PROFIL LIPID DAN RASIO LIPID PADA PASIEN STROKE ISKEMIK BERULANG DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA

Latar Belakang: Kadar lipid yang tinggi dalam darah berperan dalam kejadian stroke iskemik serangan pertama akibat aterosklerosis, namun perannya pada serangan berulang masih belum jelas. Rasio lipid telah diteliti dan menjadi prediktor risiko penyakit kardiovaskular yang lebih baik, namun perannya pada stroke iskemik berulang masih sedikit data yang diketahui.
Tujuan: Mengetahui gambaran profil lipid dan rasio lipid pada pasien stroke iskemik berulang di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Metode: Penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional.
Pengambilan data secara purposive non random sampling dari rekam medik pasien stroke iskemik serangan berulang dengan jumlah 71 sampel.
Hasil: Didapatkan 49,3% pasien stroke iskemik berulang dengan kolesterol total (K-Total) optimal, batas tinggi 23,9%, dan tinggi 26,8%. Kolesterol low density lipoprotein (K-LDL) optimal 9,9%, mendekati optimal 42,9%, batas tinggi 16,9%, tinggi 16,9%, dan sangat tinggi 14,1%. Kolesterol high density lipoprotein (KHDL) rendah 71,8%, sedang 18,3%, dan tinggi 9,9%. Trigliserida (TG) optimal 62,0%, batas tinggi 19,7%, dan tinggi 18,3%. Rasio K-Total/K-HDL dibawah nilai risiko 23,9%, dan diatas nilai risiko 76,1%. Rasio K-LDL/K-HDL dibawah nilai risiko 36,6%, dan diatas nilai risiko 63,4%. Rasio TG/K-HDL dibawah nilai risiko 47,9%, dan diatas nilai risiko 52,1%.
Kesimpulan: Pada pasien stroke iskemik berulang di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda paling banyak ditemukan dengan K-Total dan TG yang optimal, K-LDL mendekati optimal dan K-HDL rendah. Rasio K-Total/K-HDL, rasio K-LDL/K-HDL dan rasio TG/K-HDL paling banyak ditemukan dengan rasio berada diatas nilai risiko.
Kata Kunci: Stroke iskemik berulang, profil lipid, rasio lipid, kolesterol,trigliserida

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PROFIL LIPID DAN RASIO LIPID PADA PASIEN STROKE ISKEMIK BERULANG DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA
Pengarang MUHAMMAD FADLAN ADAM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH g 2019
Subyek Stroke iskemik berulang, profil lipid,
kolesterol, trigliserida
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan KEDOKTERAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua