HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS DENGAN INDEKS PRESTASI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa ditandai dengan prestasi akademik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik yaitu lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar di kampus dengan indeks prestasi di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional ini menggunakan responden mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman yang terdiri atas 4 angkatan, yaitu tahun pertama (2018), tahun kedua (2017), tahun ketiga (2016), dan tahun keempat (2015) dengan menggunakan total sampel. Analisis data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 316 responden yang terdiri dari laki-laki 91 orang (28,8%) dan perempuan 225 orang (71,2%). Persepsi lingkungan belajar terbanyak yaitu kategori lebih positif daripada negatif ada pada 268 mahasiswa (84,8%), sedangkan indeks prestasi terbanyak berada pada kategori baik sebanyak 232 mahasiswa (73,4%). Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Belajar Kampus dengan Indeks Prestasi menunjukkan p=0,000. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar di kampus dengan indeks prestasi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS DENGAN INDEKS PRESTASI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | ACHMAD FERDINAN AMRULLAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ACH h 2019 |
Subyek | Mahasiswa Kedokteran Lingkungan belajar, indeks prestasi, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Fakultas Kedokteran |
Jurusan | Kedokteran |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY