Detail Cantuman Kembali
FALENSIA - Personal Name

PENETAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR DALAM PENILAIAN KINERJA UPT PUSKESMAS RITAN BARU KECAMATAN TABANG


Falensia. Penetapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Dalam Penilaian Kinerja UPT Puskesmas Ritan Baru Kecamatan Tabang. Dibawah bimbingan Set Asmapane, selaku Pembimbing I dan Indra Suyoto Kurniawan, selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Puskesmas Ritan Baru menggunakan metode Balanced Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner yang ditujukan kepada kepala Puskesmas, kepala tata usaha, karyawan, dan pasien. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis rasio keuangan untuk perspektif keuangan, analisis statistik deskriptif untuk perspektif masyarakat dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Ritan Baru sebagai berikut: 1) Perspektif keuangan sudah baik dan perlu mempertahankan kembali dalam pengelolaan keuangan agar semakin mampu memenuhi kebutuhan operasional puskesmas yang digunakan untuk pelayanan pasien. 2) Perspektif masyarakat adalah cukup baik, karena Puskesmas memberi kenyamanan bagi pasien yang menjalani pengobatan di Puskesmas, sistem administrasi dan keuangan yang mudah, dan keramahan pelayanan semua karyawan yang ada sehingga memberi nilai tambah bagi kepuasan pasien pada pelayanan jasa yang diberikan Puskesmas. 3) Perspektif bisnis internal dalam pemanfaatan fasilitas puskesmas yang sudah baik dan kinerja pelayanan Puskesmas Ritan Baru dari BOR, BTO mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir dikarenakan pihak puskesmas terus melakukan pembenahan terkait pemanfaatan fasilitas yang ada. Sedangkan kinerja pelayanan dari segi ALOS mengalami penurunan tiga tahun terakhir, hal ini disebabkan pelayanan dalam pengobatan sudah diberikan secara maksimal. 4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran meliputi retensi karyawan dan pelatihan karyawan. Retensi karyawan menunjukan suatu tingkat kepuasan karyawan selama bekerja di Puskesmas adalah sangat baik.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Kinerja Puskesmas

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENETAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR DALAM PENILAIAN KINERJA UPT PUSKESMAS RITAN BARU KECAMATAN TABANG
Pengarang FALENSIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Balanced Scorecard, Kinerja Puskesmas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua