Detail Cantuman Kembali
HEDI HASTRIAWAN - Personal Name

DAMPAK HARGA BATUBARA PADA KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA


DAMPAK HARGA BATUBARA PADA KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA

Hedi Hastriawan
NIM : 1701026022

Nilai perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena akan berpengaruh pada keputusan investor dalam menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan adalah kinerja keuangan perusahaan.
Berdasarkan data IHSG pada penutupan 20 Februari 2018, IHSG mencatatkan posisi tertingginya yaitu di level 6.693, dimana sektor pertambangan memilki tingkat return tertinggi yaitu 26,99%. Didalam
sektor pertambangan, subsektor pertambangan batubara memiliki jumlah terbesar. Perusahaan pertambangan batubara merupakan perusahaan dengan komoditas kelas dunia sehingga karakteristiknya sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga komoditas global yang telah ditetapkan yang disebut dengan Harga Batubara Acuan (HBA). Berdasarkan data dari ESDM, HBA mengalami peningkatan yang signifikan sejak bulan November 2016 hingga mencapai titik tertingginya pada bulan Agustus 2018 dengan harga USD 107,83 per ton.
Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan Dampak Harga Batubara pada Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Batubara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pertambangan batubara yang diproksikan dengan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan. Sementara itu dampak harga batubara hanya dapat memperkuat dan memoderasi pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pertambangan batubara.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Harga Batubara

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DAMPAK HARGA BATUBARA PADA KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA
Pengarang HEDI HASTRIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Harga Batubara
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua