Detail Cantuman Kembali
AHMAD MAULANA - Personal Name

ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV RODA LINTAS KHATULISTIWA SAMARINDA

Ahmad Maulana, 2019. Analisis Pengendalian Internal atas Persediaan Barang Dagang pada CV Roda Lintas Khatulistiwa cabang Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Yana Ulfah, SE., M.Si., Ak., CA selaku pembimbing I, Dwi Risma Deviyanti, SE., M.Si., Ak., CA selaku pembimbing II.
Dengan semakin berkembangnya perusahaan maka kegiatan dan masalah yang dihadapi perusahaan semakin kompleks. Masalah mengenai persediaan seperti kelebihan (overstock) atau kekurangan stock (stock out) mempunyai peranan pentingdalam pelaksanaannya, sehingga semakin sulit bagi pihak pimpinan untuk melaksanakan pengawasan atau mengkoordinir secara langsung. Kebijaksanaan yang tepat untuk menjamin kontinuitas dengan menggunakan pengendalian intern yang memadai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern persediaan barang dagangan serta kendala dan upayanya. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi perusahaan, dan menambah ilmupengetahuan bagi penulis Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptifkualitatif yang meliputi tahap-tahap : penentuan variabel penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan pada CV Roda Lintas Khatulistiwamenunjukkan bahwa pelaksanaan pengendalian intern persediaan barang dagangandengan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut : pengendalian dari sistempencatatan persediaan, pengendalian dari metode penilaian persediaan, pengendaliandari prosedur penerimaan, pengendalian dari prosedur pengembalian barang, serta pengendalian dari pemeriksaan fisik.
Setelah melihat hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengendalian intern persediaan barang dagangan pada CV Roda Lintas Khatulistiwa telah menerapkan manajemen pengelolaan perusahaan yang baik.
Kata kunci : Pengendalian Intern, Persediaan Barang Dagangan, Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang.





Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV RODA LINTAS KHATULISTIWA SAMARINDA
Pengarang AHMAD MAULANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua