Detail Cantuman Kembali
Bimo Riza Borneo - Personal Name

SISTEM KEKERABATAN MASYARAKAT NELAYAN DI KAMPUNG TALISAYAN KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU


Bimo Riza Borneo, 2019. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Sistem Kekerabatan Masyarakat Nelayan Di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau. (Dibawah bimbingan Dayang Diah Fidhiani dan Erwiantono).
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui latar belakang kehidupan keluarga
masyarakat nelayan terutama tentang istilah kekerabatan, struktur kekerabatan, pola perkawinan, dan pola pewarisan, Mengetahui peran sistem kekerabatan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan pada masyarakat nelayan.
Metode sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling dengan
jumlah responden yang diambil sebanyak 30 orang (5 keluarga inti dan 5 keluarga luas Suku Bugis, 5 keluarga inti dan 5 keluarga luas Suku Mandar, 5 keluarga inti dan 5 keluarga luas Suku Berau). Metode yang digunakan adalah metode analisis genealogis dan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Istilah kekerabatan keluarga inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Berau digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk menyapa anggota keluarga. Struktur kekerabatan keluarga inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Berau mengambil garis sistem kekerabatan dari pihak laki-laki (patrilineal). Pola perkawinan keluarga inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Berau sesuai adat masing-masing dan kebiasaan nenek moyang. Pola pewarisan keluarga Inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Berau menganut sistem pewarisan individual dan kolektif di mana anak laki- laki mendapatkan perahu atau alat tangkap, sedangkan anak perempuan mendapatkan rumah atau tanah. Peran sistem kekerabatan keluarga inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan suku Berau dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam penentuan kerjasama antar nelayan. Peran sistem kekerabatan keluarga inti dan keluarga luas nelayan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Berau dengan pengelolaan sumberdaya perikanan dalam hal perbedaan jenis kelamin dan penguasaan sumberdaya perikanan masyarakat nelayan di Kampung Talisayan bersifat common pool resources (CPR).



Kata Kunci : Kekerabatan, Perkawinan, Pewarisan, Peran Pengelolaan Sumberdaya

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM KEKERABATAN MASYARAKAT NELAYAN DI KAMPUNG TALISAYAN KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU
Pengarang Bimo Riza Borneo - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kekerabatan, Perkawinan, Pewarisan, Peran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua