Detail Cantuman Kembali
ARPAH HUMRAH - Personal Name

PERFORMA PERTUMBUHAN AYAM PEDAGING YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN SIMPLISIA DAUN SENGGANI (Melastoma malabathricum L)


ARPAH HUMRAH. Performa Pertumbuhan Ayam Pedaging Yang Diberi Pakan Dengan Penambahan Simplisia Daun Senggani (Melastoma malabathricum L). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019 (di bawah bimbingan Muh.Ichsan Haris dan Roosena Yusuf).

Daun Senggani (Melastoma malabathricum L.) merupakan salah satu dari tanaman obat yang dipergunakan untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya diare yang masih menjadi penyakit endemik di Indonesia. Daun senggani digunakan sebagai bahan tambahan pakan. Pakan ternak merupakan makanan asupan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan ternak.
Penelitian ini menggunakan penambahan pakan daun senggani terhadap konsumsi pakan, pertambahan berat badan, konversi pakan, persentase karkas dan total bakteri isi usus ayam pedaging. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh simplisia daun senggani pada pakan ayam pedaging dengan dosis perlakuan pemberian pakan ayam yang berbeda.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan perlakuan terdiri dari P0= (kontrol), P1=3 g, P2= 5 g, P3= 7 g, P4=9 g. Data diuji menggunakan ANOVA (analysis of variance) dengan uji f dan uji lanjut DMRT (duncan multiple range test).
Daun senggani memberikan pengaruh yang nyata (P0,05) nilai persentase karkas dan total bakteri usus dan daun senggani memiliki kandungan yang tergolong senyawa fenolik yang menghambat lajunya pertumbuhan total bakteri usus pada ayam pedaging.




Kata Kunci: Performa pertumbuhan ayam pedaging, simplisia daun senggani

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERFORMA PERTUMBUHAN AYAM PEDAGING YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN SIMPLISIA DAUN SENGGANI (Melastoma malabathricum L)
Pengarang ARPAH HUMRAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Performa pertumbuhan ayam pedaging, simpli
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua