Detail Cantuman Kembali
MONIKA SEPTI KRISTIANI - Personal Name

PENGARUH LATIHAN SERVIS ATAS TOP SPIN JARAK TETAP DAN JARAK BERTAHAP TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 1 SENDAWAR


MONIKA SEPTI K., 2019. Pengaruh latihan servis atas top spin jarak tetap dan jarak bertahap terhadap kemampuan servis atas top spin pada permainan bolavoli siswa ekstrakurikuler SMK Negeri 1 Sendawar.Dibawah bimbingan bapak Much.Samsul HudaS.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Nurjamal, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan servis atas top spin jarak tetap dan jarak bertahap terhadap kemampuan servis atas top spin pada permainan bolavoli. Jenis penelitian ini adalah penelitan eksperimen dengan melibatkan dua variabel bebas yaitu latihan latihan servis atas top spin jarak tetap dan latihan latihan servis atas top spin jarak bertahap dan satu variabel terikat yaitu kemampuan servis atas top spin pada permainan bolavoli.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa ekstrakulikuler berjenis kelamin laki-laki yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan jenuh, yang terbagi kedalam dua kelompok. Kelompok A dengan latihan servis atas top spin jarak tetap dan kelompok B dengan latihan servis atas top spin jarak bertahap, pembagian kelompok dilakukan dengan marchid ordinat. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang sampel.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan teknik uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Ada pengaruh latihan servis atas top spin jarak tetap terhadap kemampuan servis atas top spin pada permainan bolavoli siswa eksrakurikuler SMK Negeri 1 Sendawar,diperoleh nilai thit=21,395 dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000< (α 0,05).
2.Ada pengaruh latihan servis atas top spin jarak bertahap terhadap kemampuan
servis atas top spin pada permainan bolavoli siswa ekstrakurikuler SMK Negeri
1 Sendawar ,diperoleh nilai thit=29,657,dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000< (α 0,05). 3. Ada perbedaan pengaruh antara latihan servis atas top spin jarak tetap dan jarak bertahap terhadap kemampuan servis atas top spin pada permainan bolavoli siswa ekstrakurikuler SMK Negeri 1 Sendawar, terbukti dengan diperoleh nilai thit2.296>ttabel2.101 Latihan servis atas top spin jarak bertahap memberikan pengaruh yang lebih baik, dengan nilai rata-rata:
26,90 dibandingkan dengan metode latihan servis atas top spin jarak tetap, dengan nilai rata-rata: 21,20 dengan demikian latihan servis atas top spin jarak bertahap lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan servis atas top spin bola voli pada siswa ekstrakulikuler SMK Negeri 1 Sendawar.

Kata kunci : Servis atas top spin jarak tetap, servis atas top spin jarak Bertahap dan Hasil Servis Atas Bola Voli

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LATIHAN SERVIS ATAS TOP SPIN JARAK TETAP DAN JARAK BERTAHAP TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 1 SENDAWAR
Pengarang MONIKA SEPTI KRISTIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Servis atas top spin jarak tetap, servis atas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua