Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD FITRIYADI - Personal Name

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMOTIVASI PETANI DALAM USAHA KELAPA SAWIT DI DESA PENOON KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Muhammad Fitriyadi. Faktor-faktor Yang Memotivasi Petani Dalam Usaha Kelapa Sawit Di Desa Penoon Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (dibawah bimbingan Dina Lesmana dan Midiansyah Effendi)

Motivasi salah satu bentuk dorongan yang membuat petani mempunyai keinginan yang tinggi untuk melakukan suatu usaha pertanian yang di dasari oleh faktor motivasi internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam usaha kelapa sawit di Desa Penoon Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan April sampai dengan Juli 2018, dengan total responden 35 orang petani dengan pengambilan sampel Random Sampling. Penelitian dianalisis dengan menggunakan Skala Likert yang menjabarkan delapan indikator tersebut menjadi beberapa item pertanyaan yang telah disusun dalam kuesioner. Setiap item diberi skor sesuai dengan pilihan responden dengan menggunakan kategori Rendah, Sedang, dan Tinggi.

Penelitian ini menunjukan bahwa tingkat motivasi petani dari faktor internal dalam kategori tinggi dengan rata-rata 64,25 dari interval kelas dan tingkat motivasi petani dari faktor eksternal dalam kategori tinggi dengan rata-rata 27,39. Petani di Desa Penoon Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki motivasi yang tinggi baik dari motivasi internal maupun eksternal.

Hasil penelitian menunjukan dari faktor internal terdapat beberapa indikator yang menunjukan hasil tinggi, luas lahan dengan rata-rata 14,4 kemudian pengetahuan dengan rata-rata 21,08 dan pendapatan dengan rata-rata 10,51. Dari faktor eksternal tedapat beberapa indikator yang menunjukan hasil tinggi, lingkungan social dengan rata-rata 7,17 dan kebijakan pemerintah dengan rata-rata 10,91.

Kata Kunci : Motivasi Internal, Motivasi Eksternal, Petani

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR – FAKTOR YANG MEMOTIVASI PETANI DALAM USAHA KELAPA SAWIT DI DESA PENOON KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang MUHAMMAD FITRIYADI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Motivasi Internal, Motivasi Eksternal, Petani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua