Detail Cantuman Kembali
RAHMANIAH - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016


Rahmaniah. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I)Drs. H.Kukuh, M.Pddan (II)Dr.H. PM. Labulan M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalampembelajaran matematika materi operasi aljabar yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 2Samarinda. Sebagai sumber data adalah siswa kelas VIII-K dan VIII-Lsejumlah 65 orang yang diambil 9 orang sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan data hasil wawancara sedangkan data hasil observasi digunakan sebagai penguat pada hasil analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitiandiperolehbahwakesalahan-kesalahanyang dilakukan siswadalampembelajaran matematikaadadelapanyaitu(1) kesalahan memahamikonsep, (2) kesalahan operasi, (3)kesalahan hitung, (4)kesalahan cara (5)kesalahan jawaban sembarang, (6) kesalahan menulis, (7) tidak menjawab soal 8) tidak selesai menjawab. Penyebabdari kesalahan-kesalahanyang dilakukan siswa yaitu (1) siswa masih kurang paham konsep bentuk aljabar, (2) siswa kurang memahami materi operasi aljabar (3) siswa hanya menghapal langkah pengerjaan contoh soal tanpa memahami operasi apa yang perlu dipakai, (4)siswa kurang teliti, (5) siswakurang memahami materi prasyarat seperti sifat operasi hitung pada bilangan bulat, (6)siswalupa materi,(7)siswa tidak memiliki catatan yang lengkap, (8) siswa kurang memahami materi sehingga dalam proses menjawab asal, (9) siswakurang memahami maksud dari pertanyaan soal, (10) siswaterpengaruhjawaban teman, (11) siswa tidak mengerti cara mengerjakan soal (12)siswa sering tidak memperhatikan penjelasan guru, (13)siswa buru-buru dalam mengerjakan soal, (14) guru kurang memberikan contoh dan penyelesaian soal yang bervariasi, (15) buku panduan belajar siswa kurang lengkap (16) contoh penyelesaian yang dikerjakan di papan tulis pada proses pembelajaran kurang jelas
Kata kunci: kesalahan, pembelajaran matematika, operasialjabar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang RAHMANIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua