Detail Cantuman Kembali
SITI NURJANAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017


Siti Nurjanah, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2016/ 2017. Dibimbing oleh Drs. Nicodemus.S, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. H.Kusdar, M.Ag sebagai pembimbing II.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi dengan menggunakan 3 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu yang berjumlah 32 siswa dan 1 guru kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, persentase, dan grafik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) meningkat pada setiap siklus. Hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir pertemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatnya jumlah siswa yang telah mencapai KKM yang ditetapkan berdampak pada meningkatnya nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata awal siswa 56 dengan kriteria kurang dan persentase jumlah siswa yang tuntas 31% meningkat pada siklus I menjadi 66 dengan kriteria cukup dan persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 37%. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78 dengan kriteria baik dan persentase siswa yang tuntas sebesar 75%, kemudian Siklus III nilai rata-rata mengalami peningkatan kembali menjadi 89 dengan kriteria sangat baik dan persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 94%. Kesimpulan penelitian dari siklus I hingga siklus III dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 004 Samarinda Ulu.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang SITI NURJANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua