Detail Cantuman Kembali
ANY ROSITASARI - Personal Name

KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019


Any Rositasari, 2019.Kesalahan Siswa Dalam Memahami Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas VIII SMP N 27 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dibimbing oleh Dr.H.Usfandi Haryaka,M.pd selaku pembimbing I dan Drs.J.R Watulingas,M.M selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dalam memahami materi relasi dan fungsi serta penyebab terjadinya kesalahan tersebut yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 27 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi pada waktu siswa belajar dan dan wawancara setelah mengerjakan soal tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 27 Samarinda dengan populasi kelas VIIIE dan VIII F, sampel diambil adalah siswa yang melakukan kesalahan yang berbeda beda yaitu ada 16 siswa sebagai responden. Untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dan dan hal yang menjadi penyebab kesalahan terjadi yang dilakukan adalah mengobservasi pada saat pembelajaran dan setelah menemukan kesalahan dilakukan wawancara kepada siswa yang melakukan kesalahan.
Hasil penelitian menunjukkan kesalahan-kesalahan siswa yaitu: (a) kesalahan operasi, (b) kesalahan perhitungan, (c) kesalahan algoritma: kesalahan substitusi, kesalahan transformasi, kesalahan menggambar, kesalahan penarikan kesimpulan, (d) kesalahan jawaban sembarang. Dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam memahami materi relasi dan fungsi yaitu adalah penyebab khusus antara lain (1) tidak teliti dalam menghitung, (2) tidak memahami materi dan sifat operasi hitung pada bilangan bulat, (3)kurangnya pemahaman tentang materi relasi dan fungsi, (4) tidak memahami tentang perpangkatan bilangan bulat, (5) menghafal dan berpatokan pada contoh soal yang diberikan guru, (6) pengetahuan tentang simbol dalam matematika kurang , (7) kurang teliti dalam menulis dan membaca soal, (8) tidak memahami dalam menentukan posisi titik pada koordinat Cartesius, (9) mengikuti cara menggambar yang dilakukan guru, (10) tidak memahami maksud dari pertanyaan soal, (11) tidak terbiasa membuat kesimpulan akhir,(12) tidak terbiasa menyelesaikan soal berbentuk cerita, (13) pemanfaatan waktu yang kurang baik, (14) Guru memberi contoh menggambar yang kurang benar.
Kata Kunci: kesalahan, pembelajaran matematika, relasi dan fungsi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang ANY ROSITASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua