Detail Cantuman Kembali
Monika Maulyda - Personal Name

MAKNA LIRIK LAGU “TEROR DARI BELANTARA” OLEH BAND KAPITAL


Monika Maulyda, 1502055034, 2019, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. “Makna Lirik Lagu Teror dari Belantara oleh Band Kapital”, di bawah bimbingan Bapak Endang Erawan, M.si dan Ibu Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.MedKom.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang ada di dalam lirik lagu “Teror dari Belantara” oleh Grup Band bernama Kapital. Lirik lagu ini ditulis dan dinyanyikan oleh Akbar Haka yang merupakan leader dan juga vocalist Band
Kapital. Lirik kemudian dibagi menjadi 15 bait untuk dianalisis, teknik analisis yang digunakan adalah salah satu konsep dalam analisis semiotika oleh Ferdinand De Saussure yang menggunakan signifier dan signified. Metode semiotika yang akan digunakan dalam penelitian ini dijelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier), petanda (signified). Proses ini menghubungkan antara lirik lagu dengan dunia eksternal yang sesungguhnya Dari hasil analisis diketahui di dalam lirik lagu “Teror dari Belantara” karya Akbar Haka memiliki makna kritik kerusakan lingkungan di Kalimantan Timur, penggambaran kerusakan alam dan lingkungan wilayah Kalimantan Timur yang menyebabkan masyarakat tidak sejahtera, dan juga terdapat ajakan atau seruan terhadap para pendengar lirik lagu untuk berani beraksi dan menuntut keadilan atas haknya.
Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dengan menggunakan teori semiotika Ferdinan De Saussure. Model teori dari Saussure lebih memfokuskan perhatian langsung kepada tanda itu sendiri. Dalam penelitian terhadap lirik lagu “Teror dari Belantara” ini, peneliti membuat interprestasi dengan membagi keseluruhan lirik lagu menjadi beberapa bait dan selanjutnya perbait akan dianalisis dengan menggunakan teori semiotika dari Saussure.
Kata kunci: Semiotika, Ferdinand de Saussure, kritik lingkungan, Band Kapital dan Lirik lagu

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MAKNA LIRIK LAGU “TEROR DARI BELANTARA” OLEH BAND KAPITAL
Pengarang Monika Maulyda - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua