Detail Cantuman Kembali
MINA - Personal Name

KESALAHAN-KESALAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK BILANGAN BULAT DAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017


Mina. 2019. Kesalahan-kesalahan dalam Pembelajaran Matematika Materi
Pokok Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP
Negeri 8 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H.
Kukuh, M.Pd, (II) Dr. Sugeng, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor-
faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam
pembelajaran matematika materi pokok bilangan bulat dan bilangan pecahan pada
siswa kelas VII SMP Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 dan VII-5 yang berjumlah 74.
Objek penelitian adalah jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya
kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pembelajaran,
dokumentasi berupa catatan siswa, latihan, pekerjaan rumah, dan hasil ulangan
tengah semester serta data hasil wawancara. Observasi dilakukan sebanyak 16 kali
pertemuan pada setiap kelas dan wawancara dilakukan kepada 12 siswa sebagai
perwakilan dari siswa yang melakukan kesalahan terbanyak pada materi bilangan
bulat dan bilangan pecahan, guru, dan beberapa orang tua siswa yang menjadi
responden. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan data
hasil dokumentasi dan data hasil wawancara. Data observasi digunakan sebagai
penguat pada hasil analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jenis kesalahan dan faktorfaktor

penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam
pembelajaran matematika. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah (1)
kesalahan algoritma sebesar 1,87%, (2) kesalahan operasi sebesar 19,94%, (3)
kesalahan perhitungan sebesar 25,55%, dan (4) kesalahan acak/jawaban
sembarang sebesar 52,65%. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang
dilakukan oleh siswa adalah (1) kurangnya pemahaman algoritma siswa terhadap
operasi hitung pecahan, (2) kurangnya pengetahuan keterampilan prasyarat yaitu
menentukan KPK atau menyamakan penyebut, (3) tidak teliti, (4) terburu-buru
dalam mengerjakan soal, (5) tidak berani atau malu bertanya, (6) tidak bisa
membedakan antara operasi hitung dan tanda bilangan, (7) kurang memanfaatkan
waktu dengan baik, dan (8) kurangnya variasi soal yang diberikan guru.

Kata Kunci: Jenis kesalahan, faktor penyebab, bilangan bulat, bilangan pecahan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESALAHAN-KESALAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK BILANGAN BULAT DAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang MINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Jenis kesalahan, faktor penyebab, bilangan bulat,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua