Detail Cantuman Kembali

UPAYA INDONESIA MENJADIKAM LOMBOK SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA HALAL UNGGULAN DI DUNIA


Rizqy Syafiqry, NIM 1202045090, Upaya Indonesia Menjadikan Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata Halal Unggulan. Di bawah bimbingan Ibu Aisyah S.IP.,MA selaku Pembimbing I dan Ibu Frisca Alexandra, MA selaku Pembimbing II, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Indonesia menerapkan pariwisata halal terfokus di pulau Lombok dan bersaing dengan negara-negara lain untuk menarik lebih banyak wisatawan muslim mancanegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari situs resmi kementrian pariwisata Indonesia dan data sekunder dari literatur, jurnal,buku dan media yang tersedia secara online. Untuk menjelaskan tentang upaya Indonesia menerapkan pariwisata halal dan menjadi wisata halal unggulan duina, penulis menggunakan konsep pariwisata halal oleh Jafar Jafari bersama Noel Scott, konsep sektor unggulan oleh Maxensius Sambodo, dan konsep diplomasi budaya oleh KJ.Holsti dengan Samendra Lal Roy.

Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan oleh Indonesia menjadikan Lombok sebagai destinasi pariwisata halal unggulan antara lain adalah pembuatan dasar hukum penunjang penerapan pariwisata halal, pembuatan peraturan gubernur Nusa Tenggara Barat mengenai penerapan pariwisata halal, Kerjasama antara masyarakat dan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mempromosikan penerapan wisata halal, ikut serta pada ajang World Halal Tourism Summit tahun 2015, persiapan infrastruktur daerah Lombok untuk menunjang kedatangan wisatawan muslim mancanegara, dan ikut serta pada ajang World Halal Tourism Summit tahun 2016. Upaya yang dilakukan Indonesia ini akhirnya memberikan hasil berupa suksesnya Indonesia mendapatkan banyak penghargaan dalam ajang World Halal Tourism Summit tahun 2015 dan 2016, membangun prestige sebagai negara muslim friendly, serta mendatangkan 3 juta wisatawan muslim mancanegara pada tahun 2017.

Kata Kunci : Pariwisata Hala di Indonesia, Lombok, World Halal Tourism Summit

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA INDONESIA MENJADIKAM LOMBOK SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA HALAL UNGGULAN DI DUNIA
Pengarang
No. Panggil
Subyek Pariwisata Hala di Indonesia, Lombok, World
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua