Detail Cantuman Kembali
EKA SITI ROMLAH - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN KABUPATEN BERAU

Eka Siti Romlah, 2019. Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Ekowisata Mangrove Desa Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau. (Dibimbing Eko Sugiharto dan Elly Purnamasari).

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan masyarakat terhadap ekosistem mangrove dan pengelolaannya, serta persepsi masyarakat terhadap pengembangan ekowisata mangrove di Desa Tanjung Batu.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 43 orang yang berdomisili di Desa Tanjung Batu yang sebelumnya ditentukan menggunakan rumus slovin. Indikator penilaian persepsi yang digunakan adalah Faktor internal (Fisiologis, minat, perhatian, kebutuhan searah, suasana hati) dan faktor eksternal (Ukuran dan penempatan objek atau stimulus, Warna objek, Keunikan dan kekontrasan stimulus, Intensitas dan kekuatan dari stimulus, Motion atau gerakan). Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan pada bulan April hingga Mei 2018. Metode Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis skala likert lima kelas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat terhadap ekosistem mangrove dan pengelolaannya tergolong cukup baik dikarenakan sering dilakukan upaya sosialisasi untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat setempat. Persepsi masyarakat terhadap pengembangan ekowisata mangrove di Desa Tanjung Batu secara kumulatif berdasarkan faktor internal berada pada kelas sangat tinggi dengan nilai 43,37, secara kumulatif berdasarkan faktor eksternal berada pada kelas sangat baik dengan nilai 42,68.

Kata kunci: Pengetahuan, Pengelolaan, Persepsi, Pengembangan, Ekowisata Mangrove.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN KABUPATEN BERAU
Pengarang EKA SITI ROMLAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengetahuan, Pengelolaan, Persepsi, Pengembangan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua